Tips Memilih Pembantu Rumah Tangga


Pembantu rumah tangga saat ini seudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang di kota-kota besar. Namun untuk memilih pembantu yang tepat dan cocok bukanlah hal yang mudah. Untuk mencari pembantu kita tidak boleh sembarangan karena pembantu rumah tangga akan mengerjakaan pekerjaan rumah dan akan memasuki daerah privasi keluarga di rumah. Oleh karena itu kita harus tau cara memilih pembantu rumah tangga yang baik.


Berikut adalah tips memilih pembantu rumah tangga:
Read more

1. Penanggung jawab
Carilah pembantu dengan menggunakan bantuan kerabat, teman atau orangtua. Hal ini sangat efektif, karena selain kita mengetahui identitas pembantu dan lebih nyaman si penanggung jawab akan bertanggung jawab jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


2. Cari pembantu melalui penyalur pembantu rumah tangga
Namun yang terpenting dari semua itu adalah mengetahui dengan detail mengenai calon pembantu dengan cara wawancara dan mengetahui asal usul, orang tua, saudaranya yang ada di Jakarta. Setelah itu tanyakan juga keahlian dan kebisaanya dalam mengerjakan pekerjaan rumah nantinya.


3. Perhatikan Beban Kerja dan kemukakan tanggung jawab pekerjaan saat wawancara.
Pembantu juga manusia. Beban kerja yang besar akan membuatnya tak betah atau kerjanya tak maksimal. Satu pembantu maksimal untuk empat anggota keluarga dan rumah sederhana. Selain itu, tak bisa diterapkan jam kerja 24 jam. Perlu diberi waktu tertentu tiap harinya untuk bebas dari kerja

Demikian tipsnya semoga bermanfaat untuk anda dalam memilih pembantu rumah tangga yang tepat.